Pemdes Padangsambian Kaja Rutin Lakukan Kegiatan Normalisasi Drainase

Pemerintah Desa Padangsambian Kaja secara rutin melakukan kegiatan-kegiatan kebersihan lingkungan diantaranya dengan membersihkan dan melakukan normalisasi saluran-saluran drainase utama di wilayah Desa Padangsambian Kaja. Kegiatan ini disesuaikan pelaksanaannya dengan memperhatikan kalender musim, saat musim kemarau seperti saat ini adalah saat yang tepat dilakukan normalisasi saluran drainase (penggelontoran). Pada debit air yang tidak terlalu besar akan memudahkan proses penggelontoran dan memaksimalkan hasilnya. Harapannya pada saat musim penghujan tiba, saluran tersebut dapat berfungsi dengan baik selain juga mendukung kebersihan lingkungan.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan pola padat karya tunai yang melibatkan masyarakat dari berbagai unsur termasuk perangkat desa dan BPD Padangsambian Kaja dengan support dari Tim Sapu Bersih (Saber) Lingkungan Desa Padangsambian Kaja. Waktu pekerjaan diambil pada hari-hari akhir pekan (Sabtu/Minggu) untuk mengisi waktu dengan hal positif yaitu kegiatan kebersihan lingkungan.

Pola hidup bersih masyarakat yang belum terbangun menyebabkan banyak terjadi pencemaran air dan pembuangan limbah ke saluran drainase utama. Diharapkan masyarakat kedepan lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dengan mulai mendisiplinkan diri sendiri, keluarga dan warga sekitar. Kegiatan-kegiatan semacam ini diharapkan juga mulai terpola di masyarakat dengan membangun kembali gotong royong dan kepedulian terhadap lingkungan. Lingkungan yang sehat, masyarakat sehat, desa hebat!