Pembinaan Tari Jauk Manis Desa Padangsambian Kaja

Pemerintah Desa Padangsambian Kaja melalui kegiatan pembinaan kemasyarakatan desa menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Tari Jauk Manis yang diselenggarakan dari 21 Juli 2018 sampai 5 Agustus 2018 di Gedung Serba Guna Kantor Desa Padangsambian Kaja. Peserta adalah dari tingkat anak-anak hingga remaja.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menggali bakat dan potensi seni anak-anak dan remaja Desa Padangsambian Kaja khususnya dalam seni Tari Jauk Manis. Antusiasme peserta dalam kegiatan ini sangat tinggi, terbukti tidak kurang dari 23 orang peserta mengikuti pembinaan ini, hal ini melebihi target capaian output yang direncanakan oleh pelaksana kegiatan. Namun hal ini cukup membanggakan dan memberikan harapan bahwa di Desa Padangsambian Kaja terdapat potensi dan bakan seni yang dapat dibina dan dikembangkan sebagai upaya juga untuk melestarikan seni budaya Bali serta menyediakan ruang kreativitas positif bagi generasi muda Desa Padangsambian Kaja.

Narasumber pada kegiatan ini berasal dari Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, yaitu I Putu Adi Sujana, S.Sn, dan I Made Oka Sukayadnya, S.Sn, keduanya merupakan praktisi seni pementasan khususnya pementasan calonarang, jauk dan bebarongan. Para peserta dibina dan dipersiapkan untuk mengikuti gelaran Lomba Tari Jauk Manis yang diselenggarakan pada Bulan Seni dan Kreativitas Desa Padangsambian Kaja Tahun 2018.

Kegiatan ini secara keseluruhan didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) Padangsambian Kaja Tahun Anggaran 2018 pada Bidang Kegiatan Pembinaan Kemasyarakatan Desa. (sekdes)