Pelaksanaan FORMIDES serta Bulan Seni dan Kreativitas Desa Padangsambian Kaja Tahun 2018

Dalam program kegiatan pembinaan kemasyarakatan, Pemerintah Desa Padangsambian Kaja menyelenggarakan kegiatan Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia Desa Padangsambian Kaja (FORMIDES) 2018 serta kegiatan Bulan Seni dan Kreativitas Desa Padangsambian Kaja Tahun 2018. Pelaksanaan kegiatan ini adalah dari tanggal 11 Agustus 2018 sampai dengan 19 Agustus 2018. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, didampingi oleh Camat Denpasar Barat, A.A. Made Wijaya, di Lapangan Dukuh Sari pada hari Sabtu, 11 Agustus 2018. Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam memeriahkan HUT Desa Padangsambian Kaja ke-36 yang jatuh pada 10 Agustus 2018 serta HUT RI ke-73.

Kegiatan FORMIDES bertujuan untuk pembinaan kemasyarakatan di bidang olahraga tradisional dan sekaligus melestarikan olahraga tradisional. Partisipan pada kegiatan FORMIDES adalah masyarakat Desa Padangsambian Kaja dalam segala lapisan usia. Cabang-cabang olahraga tradisional yang dipertandingkan adalah Metajog, Deduplak, Terompah Panjang, Hadang Remaja Putri, Hadang PKK, Dagongan, Tarik Tambang serta Pencak Silat Seni. Tidak kurang dari 550 orang atlet yang seluruhnya adalah warga Desa Padangsambian Kaja berpartisipasi pada cabang-cabang olahraga tersebut. Diharapkan melalui kegiatan FORMIDES ini masyarakat Desa Padangsambian Kaja dapat mencintai olahraga tradisional serta dapat dapat menjadi ajang membangun komunikasi sosial yang baik antar warga desa. Pada tahun ini Pemerintah Desa Padangsambian Kaja juga melaksanakan pembinaan olahraga tradisional di dusun-dusun dengan memberikan fasilitas peralatan olahraga tradisional untuk dapat dipergunakan dalam pembinaan kemasyarakatan di dusun-dusun.

Bulan Seni dan Kreativitas Desa Padangsambian Kaja kali ini diselenggarakan untuk kedua kalinya, dengan materi pembinaan dan lomba-lomba yang lebih beragam. Peserta tidak kurang dari 150 orang yang seluruhnya adalah masyarakat Desa Padangsambian Kaja. Kegiatan dibagi dalam 2 sub bidang seni dan kreativitas, yaitu seni pertunjukan, dan seni kreativitas non-pertunjukan. Pada bidang seni pertunjukan dilaksanakan pembinaan dan lomba Tari Jauk Manis, Tari Baris Tunggal, Makendang Tunggal, Gender Wayang, Rindik serta Mesanti. Pada bidang kreativitas non-pertunjukan dilaksanakan pembinaan dan lomba Melukis, Nyurat Aksara Bali, Kreasi Masakan Bali dengan bahan dasar labu kuning dengan peserta dari unsur Sekaa Teruna, serta Kreasi Jaja Cacal Pulagembal yang pesertanya dari unsur PKK. Tujuan diselenggarakan Bulan Seni dan Kreativitas ini adalah untuk melestarikan dan menggali bakat-bakat seni dan kreativitas di Desa Padangsambian Kaja. Diharapkan output kegiatan ini dapat tumbuh insan-insan desa yang dapat mengembangkan ekonomi kreatif khususnya di bidang seni budaya dan kreativitas.

Secara keseluruhan pelaksanaan FORMIDES serta Bulan Seni dan Kreativitas berlangsung dengan lancar dan sukses, didukung dengan kepanitian yang baik dan sigap dalam pelaksanaan kegiatan. Diharapkan kedepan kegiatan-kegiatan ini dapat menjadi program tahunan Pemerintah Desa Padangsambian Kaja dengan perbaikan dan peningkatan dalam pelaksanaannya. Kegiatan ditutup pada 19 Agustus 2018 oleh Perbekel Padangsambian Kaja dengan pagelaran seni budaya dari para pemenang lomba-lomba serta penyerahan hadiah kepada para pemenang.

Kegiatan FORMIDES serta Bulan Seni dan Kreativitas Desa Padangsambian Kaja Tahun 2018 ini secara keseluruhan didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa) Padangsambian Kaja Tahun Anggaran 2018. (sekdes)