Parade Ogoh-Ogoh Desa Padangsambian Kaja Berlangsung Meriah

Pelaksanaan Parade Ogoh-Ogoh Malam Pengerupukan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Padangsambian Kaja pada Tilem Kesanga, Jumat, 16 Maret 2018 bertempat di Simpang Jl. Gatot Subroto Barat – Jl. Kebo Iwa berlangsung semarak dan meriah. Peserta parade yang berasal dari 9 (sembilan) Sekaa Teruna se-Desa Padangsambian Kaja masing-masing menampilkan kreasi ogoh-ogoh dengan iringan balaganjur dan beberapa diantaranya menampilkan fragment tari sesuai dengan tema ogoh-ogoh yang ditampilkan.

Acara parade dibuka oleh Camat Denpasar Barat, A.A. Ngurah Made Wijaya, S.Sos didampingi oleh Perbekel Padangsambian Kaja, I Made Gede Wijaya, S.Pt., M.Si. beserta para undangan lainnya yaitu dari Polsek Denpasar Barat, Koramil 1611-07 Denpasar Barat, Bendesa Pakraman Padangsambian, Bendesa Adat Kerobokan, Ketua BPD Padangsambian Kaja, MPK Desa Pakraman Padangsambian, Lembaga Kemasyarakatan Desa Padangsambian Kaja, Ketua BUM Desa Bhuwana Sari Jaya serta tokoh masyarakat lainnya.

Petugas keamanan yang bertugas berasal dari unsur kepolisian, bhabinkamtibmas, babinsa, linmas, serta pecalang dari 9 (sembilan) banjar di Desa Padangsambian Kaja dikoordinir oleh panitia pelaksana yang dibentuk oleh Pemerintah Desa Padangsambian Kaja melalui Surat Keputusan Perbekel Padangsambian Kaja Nomor 188.45/28/Kep/2018 tentang Kegiatan Parade Malam Pengerupukan Desa Padangsambian Kaja.

Kegiatan ini dilaksanaan sebagai sarana bagi pengembangan kreatifitas yowana Desa Padangsambian Kaja yang tergabung dalam wadah Sekaa Teruna di masing-masing banjar khususnya di bidang seni baik seni tari, tabuh, seni rupa dan seni pertunjukan dalam wujud garapan ogoh-ogoh. Dalam kegiatan ini juga dirangkaikan dengan kegiatan lomba video blog yang bertemakan proses kreatif pembuatan ogoh-ogoh sampai dengan ogoh-ogoh tersebut ditampilkan dalam parade. Dengan demikian satu lagi bakat seni kreatif dapat digali dan dikembangkan yaitu dalam bidang seni videografi dan photografi.

Anggaran pelaksanaan kegiatan ini sepernuhnya berasal dari APB Desa Padangsambian Kaja Tahun Anggaran 2018 pada bidang pembinaan kemasyarakatan. Pemerintah Desa Padangsambian Kaja mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini. (sekdes)