Musyawarah Desa Perencanaan Pembangunan Desa Padangsambian Kaja Tahun 2019

Sesuai dengan amanat peraturan dan perundang-undangan khususnya Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa maka Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Padangsambian Kaja pada hari Rabu, 6 Juni 2018 melaksanakan Musyawarah Desa Perencanaan Pembangunan Desa Tahun 2019 di Ruang Serba Guna Kantor Desa Padangsambian Kaja. Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar, Camat Denpasar Barat, Perbekel Padangsambian Kaja beserta Perangkat Desa Padangsambian Kaja, BPD Padangsambian Kaja, Jro Bendesa Adat Kerobokan dan Jro Bendesa Pakraman Padangsambian, unsur-unsur lembaga kemasyarakatan, dan tokoh-tokoh masyarakat desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar, IB Alit Wiradana, dalam sambutan sekaligus membuka acara menyampaikan apresiasi bagi Desa Padangsambian Kaja sebagai desa pertama di Kota Denpasar pada tahun ini yang melaksanakan musyawarah desa perencanaan pembangunan. Dalam perencanaan pembangunan desa, perlu diperhatikan regulasi dan batasan-batasan kewenangan desa serta prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan. Peran aktif dan partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan desa juga sangat penting karena usulan-usulan kegiatan masuk dari masyarakat yang selanjutnya akan diproses sesuai dengan tahapan-tahapan yang diamanatkan oleh peraturan perundang-undangan untuk menjadi Rencana Kerja Pemerintah Desa. Disampaikan juga perubahan-perubahan pengelolaan keuangan desa dengan berlakunya Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Agenda utama musyawarah desa ini adalah untuk mencermati Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDesa) untuk memilah dan mencermati kembali mana program kegiatan yang telah dijalankan, yang belum dijalankan, yang akan dijalankan, yang layak dijalankan dan tidak relevan lagi untuk dijalankan pada tahun 2019 ini. Selanjutnya dilaksanakan penetapan anggota tim verifikasi usulan-usulan masyarakat yang akan digunakan sebagai bahan penyusunan RKP Desa Tahun 2019.

Dengan terlaksananya musyawarah desa perencanaan pembangunan desa ini maka tahapan perencanaan pembangunan desa telah dimulai. Usulan-usulan dari masyarakat dalam berbagai bidang kegiatan desa akan diterima sampai dengan bulan Juli 2018 dilanjutkan dengan pembentukan Tim Penyusun RKP Desa. (sekdes)