Musrenbang Desa Padangsambian Kaja Tahun 2018

Dalam tahapan perencanaan pembangunan desa sebagaimana ditentukan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa bahwa Pemerintah Desa melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang Desa) untuk membahas dan menyepakati rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) untuk selanjutnya ditetapkan menjadi Peraturan Desa tentang RKP Desa paling lambat pada bulan akhir bulan September tahun berjalan. Untuk itu Pemerintah Desa Padangsambian Kaja sebagai pemerintahan yang taat hukum dan peraturan, menyelenggarakan Musrenbang Desa Padangsambian Kaja Tahun 2018 pada Sabtu, 29 September 2018.

Dalam Musrenbang Desa ini dibahas dan disepakati rancangan RKP Desa yang telah disusun oleh Tim Penyusun RKP Desa yang dipimpin oleh Sekretaris Desa Padangsambian Kaja, serta melalui beberapa tahapan, mulai dari penerimaan usulan masyarakat, survey dan verifikasi kemudian baru disusun sebagai RKP Desa dengan persyaratan dokumen dan kelengkapan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Hadir dalam Musrenbang Desa ini adalah Perbekel Padangsambian Kaja beserta Perangkat Desa, Ketua BPD Padangsambian Kaja beserta anggota, unsur Lembaga Kemasyarakatan Desa (LPM, PKK, Karang Taruna, Posyandu), unsur Lembaga Adat Desa, BUM Desa Bhuwana Sari Jaya, PAUD Milik Desa (PAUD Sabana Sari), Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta tokoh-tokoh masyarakat Desa Padangsambian Kaja. Turut hadir sebagai undangan pada Musrenbang Desa ini adalah Camat Denpasar Barat, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar, Kapolsek Denpasar Barat, Puskesmas I Denpasar Barat, Kepala Sekolah Dasar se-Padangsambian Kaja, Tenaga Ahli P3MD Kota Denpasar, Pendamping Desa serta Pendamping Lokal Desa.

Rencana kerja yang dipaparkan terbagi pada 5 bidang yaitu Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Bidang Pembangunan Desa, Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa, Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa, serta Bidang Penanggulangan Bencana, Keadaan Darurat dan Mendesak Desa. Struktur Rancangan RKP Desa Padangsambian Kaja Tahun 2019 telah mengacu pada bidang dan sub bidang kegiatan sebagaimana diatur dalam ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, sehinggan nantinya pada waktunya dimasukkan ke Rancangan APB Desa sudah tepat pada bidang dan sub bidangnya masing-masing. Beberapa program kreatif dan inovatif untuk pembangunan desa juga dipaparkan dalam RKP Desa Padangsambian Kaja Tahun 2019 dan mendapat apresiasi dari peserta Musrenbang Desa. Sebagai Desa dengan Indeks Desa Membangun (IDM) berada pada peringkat Mandiri, tentu saja Pemerintah Padangsambian Kaja akan banyak melakukan inovasi dalam konteks desa membangun. Peningkatan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan desa juga meningkat dari tahun ke tahun sebagai wujud pembangunan desa yang partisipatif.

Musrenbang Desa Padangsambian Kaja Tahun 2019 menyepakati 3 (tiga) hal yaitu :

  1. Rancangan RKP Desa Padangsambian Kaja Tahun 2019 dengan skala prioritas kegiatan pada setiap bidang dan sub bidangnya.
  2. Daftar Usulan RKP (DU-RKP) yang selanjutnya disampaikan kepada Pemerintah Kota Denpasar melalui Camat Denpasar Barat untuk dibahas dalam Musrenbang Kecamatan Denpasar Barat.
  3. Delegasi Pemerintah Desa Padangsambian Kaja dalam Musrenbang Kecamatan Denpasar Barat yang berjumlah 5 orang yaitu :
    • I Made Gede Wijaya, S.Pt., M.Si
    • Ngurah Ketut Hariadi, S.Kom
    • I Kompiang Tangkas
    • Ni Wayan Sarining Sinom
    • I Nyoman Mega Astra, SE

Selanjutnya Rancangan RKP Desa Tahun 2019 akan ditetapkan menjadi Peraturan Desa tentang RKP Desa Tahun 2019. (Sekdes)