Lomba Senam Lansia Desa Padangsambian Kaja Tahun 2018

Dalam rangka menggairahkan dan memotivasi pola hidup sehat di kalangan lanjut usia khususnya di Desa Padangsambian Kaja, Pemerintah Desa Padangsambian Kaja menyelenggarakan lomba senam lansia yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 16 Juni 2018 di halaman Kantor Desa Padangsambian Kaja. Adapun peserta lomba pada kegiatan ini berasal dari para warga lanjut usia binaan 9 (sembilan) Posyandu/BKL (Bina Keluarga Lansia) yang ada di tiap-tiap Dusun di Desa Padangsambian Kaja. Dewan juri yang bertugas berasal dari Puskesmas I Denpasar Barat, yaitu Dra. Dewa Ayu Artini, Ni Wayan Suriati dan Putu Amelia Anggraeni.

Lebih dari 90 orang lansia usia 60 tahun sampai 80 tahun, dan 45 orang kader Posyandu terlibat aktif dalam kegiatan ini sebagai pembina, official dan peserta lomba. Hal ini menunjukkan pembinaan terhadap lansia di Desa Padangsambian Kaja berjalan dengan baik dengan dukungan Pemerintah Desa Padangsambian Kaja dan partisipasi aktif dari masyarakat terkait.

Perbekel Padangsambian Kaja, I Made Gede Wijaya, S.Pt., M.Si, dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan lomba senam lansia kali ini menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran di usia lanjut, salah satunya dengan melakukan senam lansia secara rutin dengan pembinaan dari kader-kader posyandu terlatih yang ada di masing-masing dusun. Pelaksanaan lomba senam lansia ini dilaksanakan dalam suasana senang dan gembira agar tercipta suasana hati yang penuh keceriaan bagi para warga lanjut usia. Pemerintah Desa Padangsambian Kaja dalam hal ini tetap berupaya untuk menggali kegiatan-kegiatan yang positif dan bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan kebugaran lansia. Selain kegiatan pembinaan dan lomba senam lansia ini, juga akan dilaksanakan kegiatan penyuluhan pola hidup sehat lansia yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan lansia baik secara jasmani maupun rohani sehingga diharapkan bisa tetap sehat dan panjang umur.

Hasil penjurian Lomba Senam lansia Desa Padangsambian Kaja Tahun 2018 kali ini adalah:

Juara I Penampilan Kelompok : Posyandu Dusun Dukuh Sari
Juara II Penampilan Kelompok : Posyandu Dusun Batukandik
Juara III Penampilan Kelompok : Posyandu Dusun Batuparas

Selain itu terdapat juga penghargaan untuk penampilan individu terbaik dengan Juara I berasal dari Posyandu Dusun Dukuh Sari, Juara II dan Juara III dari Posyandu Dusun Robokan. Untuk penghargaan Official Terbaik diraih oleh Posyandu Dusun Batuparas.

Penghargaan kepada para pemenang diberikan dalam bentuk uang pembinaan dan piagam penghargaan. Secara keseluruhan kegiatan ini didanai dari APBDesa Padangsambian Kaja Tahun Anggaran 2018. (sekdes)